Sabtu, 24 Maret 2018

Tugas 1 Teknologi Informasi & Multimedia #MULTIMEDIA_MARET

Teknologi Informasi & Multimedia #MULTIMEDIA_MARET

NAMA  : DIAN WAHUYUDIN
NPM     : 23414006
KELAS  : 4 IC 08

1.            Pengertian Tentang Multimedia
Multimedia berasal dari kata multi dan media. Kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa seuatu. Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006). Oleh dari itu multimedia merupakan kombinasi dari berbagai media yaitu berupa teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, interaksi dan lain-lain yang operasikan oleh media digital yaitu komputerisasi, dan difungsikan untuk menyampaikan informasi kepada publik dalam bentuk yang lebih menarik (Rosch, 1996). [1]
Multimedia adalah beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital (Vaughan, 2011, p1). Sedangkan menurut Hofstetter (2001, p2), multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.[2]
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan menyatukan dari bebrapa elemen : teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga orang dapat melakukan berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia juga sering dipakai dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.[3]
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan dari beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video dalam satu media digital yang mempunyai kemampuan interaktif..[4]
Multimedia merupakan kom-binasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan/ disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).[5]
Berdasarkan uraian pengertian multimedia diatas, bahwa multimedia merupakan suatu media atau perantara yang didalamnya terdapat dari beberapa gabungan dari teks, grafik, animasi, audio, dan video. Dan semua itu saling berkaitan satu dengan yang lain untuk menyajikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji lebih menarik bagi penggunanya.

2.            Konsep Dasar Multimedia

Pada saat awal kemunculannya multimedia hanya digunakan untuk indra penglihatan saja yaitu berupa gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekanan/animasi, dan untuk indra pendengaran / suara. Selanjutnya perkembangan multimedia mulai masuk mencakup kenetik / gerak dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan.[1]
Baru mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan     hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.[3]
Menurut James A senn multinedia dapat meyebarkan dan menyampaikan informatif dan efisien, dan multimedia terdiri dari beberapa unsur program yang masing-masing unsur menyediakan fasilitas bagi penggunaannya yaitu terdapat pada gambar di bawah ini :
Gambar Konsep Multimedia
Ada empat komponen yang penting untuk multimedia yaitu :
a. Harus ada komputer untuk melakukan koordinasi apa yang dilihat dan di dengar, dan yang   
             berinteraksi dengan pengguna.
b. Harus ada hubungan yang menhubungkan informasi.
c. Harus ada perangkat neavigasi yang memungkinkan pengguna melintasi informasi yang
             terkoneksi melalui web.
d. Harus ada cara bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan
              informasi dengan ide-ide pengguna.
[6]
Ada dua jenis multimedia yaitu multimedia linear (tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif, pengguna diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen-elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Contoh mudah multimedia linear adalah media televisi. Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi dari komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Sedangkan seorang atau sekelompok orang yang merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.[7]

3.            Pemanfaatan Multimedia
Multimedia memberi nuansa baru dalam pemerolehan informasi melalui aktivitas membaca. Membaca berbantukan multimedia dapat memberikan beberapa manfaat, yaitu menjadikan kegiatan membaca lebih dinamis dengan memberi dimensi baru pada katakata. Apalagi dalam hal penyampaian makna, kata-kata dalam aplikasi multimedia bisa menjadi pemicu yang dapat digunakan memperluas cakupan teks untuk memeriksa suatu topik tertentu secara lebih luas. Multimedia melakukan hal ini bukan hanya dengan menyediakan lebih banyak teks melainkan juga menghidupkan teks dengan menyertakan bunyi, gambar, musik, animasi dan video.[1]
Pemanfaatan multimedia dapat dilakukan dalam berbagai bidang, antara lain:
a. Kegiatan kerja, dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan
              pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung
              teleworking/telecommuting adalah Netmeeting.
b. Cara belanja, homeshopping/teleshopping yaitu belanja dilakukan dengan
              menggunakan internet, kemudian barang datang diantar ke rumah.
c. Jual beli, menggunakan sistem jual beli online, atau bank menggunakan cara
    online-banking.
d. Cara memperoleh informasi, menggunakan internet dan berbagai software
     untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, belajar musik dari
     software dan sebagainya.
e. Cara belajar, proses pembelajaran menggunakan computer multimedia dengan
    adanya mengajar atau belajar online, ataupun menggunakan e-book (electronic
    book).
A.  Manfaat multimedia pembelajaran bagi pengguna diantaranya adalah (Fenrich, 1997).[8]
a.       siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan , kesiapan dan keinginan mereka. Artinya pengguna sendirilah yang mengontrol proses pembelajaran.
b.      siswa belajar dari tutor yang sabar (komputer) yang menyesuaikan diri dengan kemampuan dari siswa.
c.       siswa akan terdorong untuk mengejar pengetahuan dan memperoleh umpan balik yang seketika.
d.      Belajar saat kebutuhan muncul (“just-in-time” learning).
e.       Belajar kapan saja mereka mau tanpa terikat suatu waktu yang telah ditentukan.

B.  Manfaat di Bidang Kesehatan[9]
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

C.  Manfaat di Bidang industri Otomotif [10]
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
Ada beberapa manfaat teknologi multimedia dalam proses belajar mengajar menurut (Dr. Munir 2012 : 141) antara lain : [11]
1. Multimedia dapat digunakan untuk membantu pendidik dalam menjelaskan suatu konsep yang sulit dijelaskan tanpa bantuan multimedia.
2. Pemanfaatan teknologi multimedia dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik, karena adanya multimedia membuat presentasi pembelajaran menjadi lebih menarik. 

4.          Multimedia Dalam Pendidikan
Lahirnya multimedia yang digunakan dalam pendidikan adalah salah bagian perkembangan dari pembelajaran berbasis computer tersebut. Pada dekade tahun 1990 komputer berbasis multimedia interaktif mulai berkembang, para pendidik mulai mempertimbangkan implikas  apa yang mungkin timbul dari media baru ini jika diterapkan dalam lingkungan belajar mengajar. Dalam jangka waktu yang relatif singkat, munculnya multimedia dan teknologi komunikasi yang terkait telah menerobos hampir ke setiap aspek dalam kehidupan masyarakat. Mishra dan Sharma
(2005) mengatakan bahwa multimedia interaktif yang awalnya dipandang sebagai pilihan teknologi dalam konteks pendidikan untuk alasan sosial, ekonomi, dan pedagogis telah menjadi suatu kebutuhan dalam pendidikan. Banyak lembaga pendidikan menginvestasikan waktu, usaha dan uang mereka ke dalam penggunaan teknologi.
Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan ajar secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek seperti suara/audio, video, animasi, teks, dan grafik. Pendidikan sangat membutuhkan teknologi multimedia. Peserta didik dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Dalam aplikasi pembelajaran peserta didik dapat memilih materi atau subjek yang akan dipelajari. Di layar monitor akan muncul teks materi/subjek disertai gambar, suara, atau gambar hidup dari subjek yang dipelajari. Perhatian peserta didik akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih tinggi untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.
Proses belajar mengajar biasanya hanya menggunakan alat bantu papan tulis, white board, buku-buku, diktat, dan lain-lain. Penggunaan alat bantu konvensional ini belum dapat mencapai tujuan secara optimal. Untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, diperlukan perangkat lunak aplikasi pendidikan dengan bantuan komputer berbasis multimedia yang lebih komdisimpan dalam basisdata dan dapat diakses setiap saat bila diperlukan.unikatif dan interaktif. Hasil belajar peserta didik dapat disimpan dalam basisdata dan dapat diakses setiap saat bila diperlukan. [1]
Tidak diragukan lagi bahwa bidang pendidikan telah mendapatkan salh satu keuntungan dengan adanya teknologi multimedia. Penggunaan multimedia dalam dunia pendidikan dapat  memperkaya pembelajaran dari materi pendidikan tersebut. Dengan bantuan gambar, video, animasi, dan suara, materi presentasi dari sebuah mata pelajaran akan dapat lebih dimengerti. Contoh penggunaan aplikasi multimedia dalam bidang pendidikan adalah CAI, perangkat ajar, E-Learning, dan lain-lain.[2]

Keistimewaan Multimedia dalam Pendidikan
Multimedia mempunyai beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media lain. Diantara keistimewaan itu adalah:
1.    Multimedia memberikan kebebasan kepada pelajar dalam menentukan topic proses
pembelajaran.
2.    Multimedia memberikan kemudahan control yang sistematis dalam proses
pembeljaran.
3.    Multimedia menyediakan proses interaktif dan memberikan kemudahan umpan
balik.
4.    Multimedia dapat menumbuhkan motivasi belajar, sikap dan cara belajar yang lebih
efektif serta menumbuhkan persepsi yang lebih tinggi terhadap hal yang dipelajari.
5.    Multimedia membantu siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk
memenuhi tuntutan kurikulum, yang senantiasa berkembang sejalan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika masyarakat.[12]

Kelebihan Multimedia Dalam Pendidikan
a.     Pembelajarannya mempunyai sistem yang lebih inovatif dan interaktif
b.    Mampu menimbulkan rasa senang selama PBM berkangsung sehingga akan menambah motivasi siswa.
c.     Dapat menyatukan antara teks, gambar, audio, musik, animasi gambar atau video dalam satu kesatuan yang saling mendukung sehingga tercapai tujuan pembelajaran.
d.    Dapat menvisualisasikan materi yang abstrak.
e.     Media untuk penyimpanan yang relative gampang dan fleksibel
f.     Menampilkan obyek yang terlalu besar kedalam kelas
g.    Menampilkan obyek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
Kekurangan Multimedia Dalam Pendidikan
1)      Biaaya untuk tahap awal relatif mahal
2)      Dalam penggunaan multimedia kemampuan SDM masih perlu ditingkatkan.
3)      Infrastruktur untuk daerah tertetu belum memadai
4)      Perhatian dari pemerintah belum memadai [13]
FORMAT MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Dalam penyajiannya, multimedia pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi beberapa format, antara lain;
a.        Tutorial
Materinya dilakukan secara tutorial, sebagaimana layaknya tutorial yang dilakukan oleh guru atau instruktur. Informasi dilakukan dengan teks, gambar, baik diam maupun bergerak. Selesai penyajian tayangan, diberikan serangkaian pertanyaan untuk dievaluasi tingkat keberhasilan.
b.        Drill dan Practice
Dimaksud untuk melatih pengguna sehingga memiliki kemahiran dalam suatu keterampilan atau memperkuat penguasaan suatu konsep.
c.        Simulasi
Mencoba menyamai proses dinamis yang terjadi di dunia nyata, misalnya untuk mensimulasikan pesawat terbang, seolah-olah pengguna melakukan aktivitas menerbangkan pesawat terbang.
Format ini mencoba memberikan pengalaman masalah dunia nyata yang biasanya berhubungan dengan suatu resiko, seperti terjatuhnya pesawat terbang tersebut.
d.        Percobaan atau Eksperimen
Format ini mirip dengan simulasi, namun lebih ditujukan pada kegiatan-kegiatan eksperimen, seperti kegiatan praktikum di laboratorium IPA, biologi atau kimia.
Diharapkan pada akhirnya pengguna dapat menjelaskan suatu konsep atau fenomena tertentu berdasarkan eksperimen yang mereka lakukan secara maya tersebut.
e.        Permainan:
Permainan yang disajikan tetap mengacu pada proses pembelajaran dan dengan program multimedia berformat ini diharapkan terjadi aktivitas belajar sambil bermain.[14]


5.           MULTIMEDIA DIKALANGAN MASYARAKAT
Dalam perkembangannya multimedia juga memberi dampak atau perubahan yang beragam bagi masyarakat. Peranan multimedia menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positif yang ditimbulkan adalah dari hari ke hari perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan semakin beranekaragamnya kebutuhan akan multimedia. Apabila digunakan dengan baik akan luar biasa manfaatnya. Informasi yang disampaikan dalam berbagai bentuk seperti gambar, film atau video, suara dan konten-konten interaktif dapat menarik para pencari informasi dalam melengkapi penulisan ilmiah atau yang lainnya. Selain dampak positif, perkembangan multimedia pun mempunyai dampak negatif. Dampak negatifnya dengan adanya pengaksesan yang mudah, para pencari berita atau pengguna dapat leluasa menduplikatkan informasi-informasi dari sumber-sumber tertentu. Seperti contohnya, menduplikatkan informasi atau tugas penulisan ilmiah yang aslinya adalah hak cipta seseorang yang sudah melakukan penelitian atau penulisan ilmiah. Dan orang yang tidak bertanggung jawab atas informasi tersebut dapat diakses dengan sangat mudah dan menduplikatkannya tanpa mencantumkan nama atau sumber informasi yang ia dapat.[15]
Beberapa pengaruh multimedia dimasyarakat indonesia diantaranya sebagai berikut :
a.    Dengan semakin berkembangnya multimedia semakin mudah pula masyarakat Indonesia untuk mendapat kan informasi, misalnya televisi yang menampilkan gambar, suara serta tulisan-tulisan yang akan membantu kita untuk memperluas ilmu pengetahuan kita. Dengan sayarat kita memilih program televisi yang memang memberikan manfaat tentunya.
b.    Multimedia memudahkan kita untuk memeperolah hiburan. Hiburan yang dihasilkan oleh perkembangan multimedia sangat beragam, music, video, dan game merupakan contoh-contoh hiburan yang mudah untuk didapat dan diakses di era sekarang ini.
c.    Memudahkan belajar, tentu. Media belajar sekarang sangat banyak, tidak hanya terbatas pada buku plejaran saja. Materi-materi pelajaran sekarang bisa siakses melalui pc, dan bahkan handphone. Ini tentu memudahkan kita untuk belajar dan berbagi pengetahuan dengan teman-teman.[16]
Kemudahan informasi yang didapat dari media internet membuat masyarakat lebih memilih untuk mencari berita dan artikel dari internet. Selain lebih menarik karena dilengkapi fasilitas multimedia (video, gambar dan animasi), berita yang didapat dari internet bersifat lebih up to date. Bukan hanya itu, membaca berita dari internet akan lebih murah dibanding dengan cost yang dikeluarkan dari membaca koran. Tentunya ini sangat baik dalam meningkatkan minat baca masyarakat karena wacana atau berita yang disuguhkan tentu jauh lebih beranimasi dan mudah dimengerti jika dibandingkan dengan wacana dari media massa. Bisa dibayangkan tentunya mana yang lebih menarik antara  berita yang menyajikan teks dan gambar saja dibandingkan dengan berita yang menghadirkan teks , gambar, suara,  video, simulasi kejadian dan animasi-animasi cerdas.  Tentu dengan bijak masyarakat akan memilih opsi kedua.
Dibalik kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari keberadaan multimedia dan internet tentu ada sisi negatif. Dari sisi negatif inilah yang apabila masyarakat tidak cerdas untuk menghindarinya akan menimbulkan masalah bagi mereka sendiri. Beberapa hal negatif yang diakibatkan dari penyalahgunaan multimedia internet antara lain penipuan,pornografi, perjudian, pembobolan rekening dan lain-lain.[17]
PENGARUH INTERNET BAGI REMAJA
Komputer merupakan salah satu media elektronik yang sangat canggih. Di komputer terdapat program internet. Karena dengan komputer program internet tersebut dapat dioperasikan. Bahkan hampir semua orang menggunakan komputer sebagai sarana mengoperasikan program internet.Internet juga tidak kalah canggihnya dengan sarananya itu sendiri. Akhir-akhir ini justru internetlah yang lebih berkembang. Berjuta orang menggunakan internet untuk berbagai keperluannya, mulai keperluan pribadi, organisasi, sampai keperluan dinas, karena dinilai ineternet ini lebih praktis.
a. Dampak Positif
Di balik semua dampak buruk yang timbul karena media internet, juga banyak dampak positif yang di timbulkan media internet. Diantaranya adalah :
1)      Internet sebagai media komunikasi.
2)      Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
3)      Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
4)      Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

b. Dampak Negatif
1)      Pornografi. Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
2)      Violence and Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjualâ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
3)      Penipuan. Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4)      Carding . Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet.[18]

Pengaruh Multimedia disisi Lain
Pengaruh Multimedia sangat besar dan berkembang pesat hanya dalam beberapa tahun, khususnya Internet, dan juga Televisi. Tidak hanya sampai di daerah saja bahkan sampai ke seluruh pelosok-pelosok dunia. Internet sangat bermanfaat bagi orang-orang yang bisa menggunakannya dengan benar misalnya para pebisnis yang sengaja memanfaatkan Internet sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada dunia khususnya para pengguna Internet, Mahasiswa yang memanfaatkan Internet untuk media belajar ataupun sharing dengan orang-orang yang sama-sama belajar pada materi tertentu, dan juga orang umum yang sengaja menginformasikan atau mencari informasi di seluruh dunia (negara-negara lain) tanpa harus datang menyaksikan langsung informasi tersebut ke lokasi yang dimaksud. Di Internet juga ada hiburan seperti game, dan yang lainnya. Saat ini Internet sudah menjangkau ke seluruh indifidu yang tanpa menggunakan PC (personal Computer) dapat berinternet ria yang didukung adanya Handphone dengan teknologi GPRS bahkan 3G nya. Kemudian Televisi (TV) yang memberikan banyak informasi kejadian, budaya, ataupun hiburan yang juga dapat dinikmati secara merata. [19]


6.            Perangkat – perangkat Untuk Membuat Aplikasi Multimedia
Untuk membuat suatu aplikasi multimedia kita membutuhkan perangkat keras, perangkat lunak dan ide yang siap dituangkan kedalam multimedia. Tetapi untuk membuat multimedia yang baik dituntut untuk mempunyai bakat dan keahlian juga suatu tim yang dapat mengorganisasikan kegiatan pembuatan multimedia.
 Aplikasi multimedia tidak dapat dikerjakan satu orang, untuk itu dibutuhkan suatu tim untuk membuat multimedia seperti seniman grafis, penyunting video, penyunting suara, pembuat animasi dan programmer.[20]
A.    PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Pada umumnya, istilah perangkat lunak multimedia menyatakan cara cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer multimedia. Fungsi perangkat lunak multimedia antara lain, mengidentifikasikan program multimedia dan menyiapkan aplikasi program multimedia sehingga tata kerja seluruh peralatan komputer multimedia terkontrol serta
mengatur dan membuat pekerjaan agar yang berkaitan dengan multimedia lebih efisien.  Perangkat multimedia dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu Bahasa pemrograman multimedia, Perangkat lunak sistem multimedia dan Perangkat lunak aplikasi multimedia. Menurut Luther (1994), perangkat lunak multimedia terdiri dari perangkat lunak utama dan perangkat lunak pendukung.[21]
Perangkat lunak atau Software membantu pengguna komputer untuk memberitahukan apa yang harus dilakukan komputer. Perangkat lunak digunakan untuk membuat elemen-elemen multimedia seperti teks, gambar, suara, video dan animasi. Elemen-elemen tersebut dapat dihasilkan dari hasil imajinasi dalam pemakaian perangkat lunak pada komputer. [22]

B.     PERANGKAT KERAS [23]
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
berikut perangkat yang mendukung terciptanya multimedia :
1.      CD / DVD ROM
Digunakan untuk memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.  

2.      Sound Card Sound
Card (kartu suara) adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out).
3.      Kartugrafis
(Graphic Card / Display Adapter) Kartu grafis merupakan perangkat yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated Graphics Port).

4.      Keyboard
keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868.


5.      Speaker
Speaker (pengeras suara) merupakan perangkat output untuk menghasilkan suara. Contohnya headset.


      6. Scanner
          Scanner merupakan alat yang digunakan untuk membaca data dengan menyinari dengan sinar terang di atas data dan kemudian menangkap teks, citra atau gambar yang terpantul pada suatu matriks sel-sel fotoelektrik. Alat pembaca otomatis (scanner) ini antara lain Optical Mark Reader (OMR), Optical Character Reader atau Optical Character Recognation (OCR), Hand-held scanner, Flatbed scanner, Path-through scanner dan Film scanner.[24]

7.      Link Video Yang Berkaitan Dengan Multimedia


DAFTAR PUSTAKA

[14]https://ariasdimultimedia.wordpress.com/2009/03/16/multimedia-dalam-dunia-pendidikan/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Do you understand there's a 12 word phrase you can speak to your crush... that will induce deep emotions of love and impulsive attraction to you buried inside his heart?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, cherish and look after you with his entire heart...

12 Words That Trigger A Man's Desire Response

This impulse is so hardwired into a man's brain that it will make him work better than ever before to do his best at looking after your relationship.

In fact, fueling this influential impulse is absolutely essential to achieving the best possible relationship with your man that the instance you send your man a "Secret Signal"...

...You will instantly notice him expose his heart and soul for you in such a way he never experienced before and he'll distinguish you as the one and only woman in the world who has ever truly understood him.

Posting Komentar