Selasa, 15 November 2016

Tugas 8 Perbandingan Lengkap CB150R VS New Vixion


NAMA : DIAN WAHYUDIN
NPM  : 23414006
KELAS  : 3IC08 
Perbandingan Lengkap CB150R VS New Vixion


Setelah mengaspal sejak akhir tahun lalu, saat ini kelebihan dan kekurangan New Vixion Lightning dan CB150R sudah terang benderang. Spesifikasi hasil klaim dari pabrikan dan realitas di jalanan pun sudah terpampang, baik yang di publikasikan oleh Media, maupun Blogger yang berkesempatan mencicipi duo sport kelas menengah ini.

Lalu setelah setahun berlalu (sekalipun desember kan tahun lalu :P), bagaimana perimbangan keduanya di atas kertas dan di aspal jalan raya?
Simak spesifikasi lengkap dari tabel berikut:


Honda All-New CB150R StreetFire
Yamaha New V-Ixion Advance
DIMENSI


Panjang X Lebar X Tinggi
2.019 mm x 719 mm x 1.039 mm
1.925 mm x 720 mm x 1.030 mm
Jarak sumbu roda
1.293 mm
1.300 mm
Jarak terendah ke tanah               
169 mm
165 mm
Tinggi Jok
79,7 cm
79 cm
Berat Kosong
136 kg
131 kg (berat isi)
Kapasitas tangki
12 liter
12 liter
MESIN


Jenis
4-Tak, DOHC, Berpendingan cairan. 1 siilinder
4-Tak, SOHC, Berpendingin cairan, 1 silinder
Kapasitas Silinder
149,16 cc
149,7 cc
Diameter (bore) x langkah (stroke)
57,3 x 57,8 mm
57 x 58,7 mm
Tenaga Maksimum
16,66 tk @9.000 rpm
16,35 tk @8.500 rpm
Torsi Maksimum
13,8 Nm @7.000 rpm
14,5 Nm @7.500 rpm
Sistem Suplai Bahan Bakar
Injeksi (PGM-FI)
Injeksi
Rasio Kompresi
11,3: 1
10,4 : 1
Tipe Pengapian
Full Transisterized
TCI
Transmisi dan pola perpindahan gigi
6-percepatan/ 1-N-2-3-4-5-6
5-percepatan/ 1-N-2-3-4-5
RANGKA



Tipe Rangka
Diamond (truss) teralis
Diamond (deltabox)
Suspensi Depan-Belakang
Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal
Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal
Rem depan-belakang
Cakram hidrolik
Cakram hidrolik
Ban depan-belakang
100/80-17 52P (depan)130/70-17 62P (belakang)
90/80-17 46P (depan) 120/70-17 58P (belakang)

1. Desain
Kalau untuk desain keduanya tentu tidak perlu sampai test ride kita semua juga tahu kelebihan dan kekurangan keduanya. Yamaha New Vixion hadir dengan wajah yang benar-benar baru dibanding Old Vixion. Sementara CB150R justru sekilas mirip dengan Vixion generasi lawas. Body keseluruhan keduanya cukup ramping, namun CB150R terlihat sedikit lebih besar.

Rangka Deltabox milik trah Vixion masih dipertahankan, mesin yang terkesan menggantung berkesan tanpa penyangga membuatnya terkesan ringkas dan sporty. Sementara CB150R justru melakukan inovasi dengan menghadirkan rangka pipa yang berbentuk teralis, yang selama ini identik dengan motor Ducati Monster.

Bagian wajah kedua motor ini sekilas mirip, namun pada New Vixion bentuk lampu utamanya yang mirip Scorpio malah membuat kesan wagu, mengurangi kesan sporty yang muncul. Sementara di sektor buritan, tampak new vixion menonjolkan kesan meruncing khas motor batangan bergenre pure sport, sementara lagi-lagi CB150R masih sangat mirip dengan Vixion generasi awal.

Kesimpulan: Desain keduanya sebenarnya cukup berimbang, 11-12 lah. Tapi pendapat pribadi, Untuk bagian depan/muka CB150R lebih unggul, sementara buritan Vixion lebih ciamik.


2.       Finishing & Detail

Di bagian ini keduanya mendapat beberapa penilaian negatif, seperti model tutup tanki CB150R yang masih ‘jadul’, Posisi Nopol Vixion yang menambah kesan aneh bagian headlamp, Kick starter minimalis pada CB150R juga rumor berkarat pada rangka CB150R, wah rupanya lebih banyak CB150R ya ‘cacat’ nya. :D

Tapi pada New Vixion cacat pada nopol yang biasa disebut Fitur Koyo, ditebus dengan beberapa detail sempurna, seperti ukuran ban yang tergolong besar, juga detail dashbord yang apik, bisa menyapa pemiliknya lagi.

Untuk urusan Finishing dan detail, harus diakui Yamaha new Vixion Lebih Unggul


    
3. Performance
Ketika spesifikasi keduanya belum diumbar ke publik, saya sendiri sempat mengira New Vixion sangat sulit untuk mengimbangi CB150R, mengingat kubikasi yang diusung keduanya sama persis tetapi CB150R bertipe DOHC. Tapi rupanya Yamaha mampu menjawap tantangan Honda, setelah spesifikasi keluar, terungkap bahwa power dan tordi keduanya terpaut tipis saja. Power CB 150R 17PS @10.000 Rpm dengan torsi 13,1 Nm @8000 Rpm, Sementara New Vixion  diklaim memiliki power 16.59PS @8500Rpm dan torsi 14,5 Nm @7500Rpm.

Tetapi spesifikasi versi pabrikan tersebut bukan tenaga yang terukur on the wheel, untuk urusan yang satu ini rupanya tenaga puncak yang dihasilkan oleh New Vixion sedikit lebih baik dari CB150R. Setidaknya begitulah hasil dyno test yang dilakukan beberapa bengkel independen dan dipublikasikan ke dunia maya. Diantaranya data dyno test ultra speed menunjukkan power CB150R On the Wheel  14.02HP  @10210 Rpm sementara New Vixion justru lebih unggul dengan Power  14.32HP @8224 Rpm.

Untuk urusan Handling keduanya mendapat penilaian positif, masing-masing memiliki keunggulan. Sasis deltabox yang terkenal  mumpuni melibas tikungan seperti yang dipakai Honda maupun Yamaha di motoGp tentu tak perlu diragukan lagi. Sementara CB150R memiliki keistimewaan pada suspensinya yang sudah mengadopsi prolink.Sementara keduanya memiliki keistimewaan pada suspensinya yang sudah mengadopsi prolink pada CB150R dan Monocross pada New Vixion.

Untuk pengetesan di jalan raya rupanya CB150r unggul tipis dari New Vixion, untuk berakselerasi maupun topspeed yang mampu digapai. Sebagai informasi topspeed New Vixion yang di test oleh motorplus adalah 132 kmh sementara CB150R mampu menggapai 135 kmh. tapi patut dicatat kondisi motor dan biker saat melakukan test ride perlu dipertimbangkan, apalagi New Vixion memakai ban yang lebih besar dari CB150R, so hasil tersebut sepertinya masih sangat berimbang.



4. Konsumsi bahan bakar

Dari hasil pengukuran yang dilakukan bang Taufik TMCBlog, konsumsi bahan bakar New Vixion 50 Km/liter sedang CB150R 50,25 Km/liter. Wah, lagi-lagi sama baiknya. :D

5.  Harga
Harga yang dibanderol  AHM untuk CB150R sebesar Rp22.350.000,sementara New Vixion 50 ribu lebih mahal, Rp.22.400.000.

6. X Factor
Berbicara faktor X tentu akan sangat subjektif sekali. Tapi setidaknya kedua produk ini memiliki setidaknya satu faktor pemikat utama. Bagi CB150R tentu embel-embel turunan CBR150 Jadi daya pikat utama, sedang untuk New Vixion, nama besar dan reputasi Vixion tentu membuat tiap orang tidak meragukan produk Yamaha yang satu ini.

Selain keenam faktor tersebut tentu masih banyak variabel lain yang turut menentukan kesuksesan keduanya, seperti kemudahan modifikasi, resale value, sampai pilihan warna dan striping, nanti kalau ada waktu lain kali disambung lagi 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sports Toto, the official betting partner of the NHL
The New York Rangers and 토토 사이트 홍보 the Colorado Avalanche announced today that they are partnering with the Minnesota Wild and the Colorado Avalanche for the 2021-22 season.

Posting Komentar