NAMA : DIAN WAHYUDIN
NPM : 23414006
KELAS : 3IC08
Perbandingan Lengkap CB150R VS New Vixion
Setelah
mengaspal sejak akhir tahun lalu, saat ini kelebihan dan kekurangan New Vixion
Lightning dan CB150R sudah terang benderang. Spesifikasi hasil klaim dari
pabrikan dan realitas di jalanan pun sudah terpampang, baik yang di
publikasikan oleh Media, maupun Blogger yang berkesempatan mencicipi duo sport
kelas menengah ini.
Lalu setelah
setahun berlalu (sekalipun desember kan tahun lalu :P), bagaimana perimbangan
keduanya di atas kertas dan di aspal jalan raya?
Simak spesifikasi lengkap dari tabel berikut:
Simak spesifikasi lengkap dari tabel berikut:
Honda All-New CB150R StreetFire
|
Yamaha New V-Ixion Advance
|
|
DIMENSI
|
||
Panjang X Lebar X Tinggi
|
2.019 mm x 719 mm x 1.039 mm
|
1.925 mm x 720 mm x 1.030 mm
|
Jarak sumbu roda
|
1.293 mm
|
1.300 mm
|
Jarak terendah ke
tanah
|
169 mm
|
165 mm
|
Tinggi Jok
|
79,7 cm
|
79 cm
|
Berat Kosong
|
136 kg
|
131 kg (berat isi)
|
Kapasitas tangki
|
12 liter
|
12 liter
|
MESIN
|
||
Jenis
|
4-Tak, DOHC, Berpendingan cairan. 1 siilinder
|
4-Tak, SOHC, Berpendingin cairan, 1 silinder
|
Kapasitas Silinder
|
149,16 cc
|
149,7 cc
|
Diameter (bore) x langkah (stroke)
|
57,3 x 57,8 mm
|
57 x 58,7 mm
|
Tenaga Maksimum
|
16,66 tk @9.000 rpm
|
16,35 tk @8.500 rpm
|
Torsi Maksimum
|
13,8 Nm @7.000 rpm
|
14,5 Nm @7.500 rpm
|
Sistem Suplai Bahan Bakar
|
Injeksi (PGM-FI)
|
Injeksi
|
Rasio Kompresi
|
11,3: 1
|
10,4 : 1
|
Tipe Pengapian
|
Full Transisterized
|
TCI
|
Transmisi dan pola perpindahan gigi
|
6-percepatan/ 1-N-2-3-4-5-6
|
5-percepatan/ 1-N-2-3-4-5
|
RANGKA
|
||
Tipe Rangka
|
Diamond (truss) teralis
|
Diamond (deltabox)
|
Suspensi Depan-Belakang
|
Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal
|
Teleskopik-lengan ayun suspensi tunggal
|
Rem depan-belakang
|
Cakram hidrolik
|
Cakram hidrolik
|
Ban depan-belakang
|
100/80-17 52P (depan)130/70-17 62P (belakang)
|
90/80-17 46P (depan) 120/70-17 58P (belakang)
|
1. Desain
Kalau untuk
desain keduanya tentu tidak perlu sampai test ride kita semua juga tahu
kelebihan dan kekurangan keduanya. Yamaha New Vixion hadir dengan wajah yang
benar-benar baru dibanding Old Vixion. Sementara CB150R justru sekilas mirip
dengan Vixion generasi lawas. Body keseluruhan keduanya cukup ramping, namun
CB150R terlihat sedikit lebih besar.
Rangka
Deltabox milik trah Vixion masih dipertahankan, mesin yang terkesan menggantung
berkesan tanpa penyangga membuatnya terkesan ringkas dan sporty. Sementara
CB150R justru melakukan inovasi dengan menghadirkan rangka pipa yang berbentuk
teralis, yang selama ini identik dengan motor Ducati Monster.
Bagian wajah
kedua motor ini sekilas mirip, namun pada New Vixion bentuk lampu utamanya yang
mirip Scorpio malah membuat kesan wagu, mengurangi kesan sporty yang muncul.
Sementara di sektor buritan, tampak new vixion menonjolkan kesan meruncing khas
motor batangan bergenre pure sport, sementara lagi-lagi CB150R masih sangat
mirip dengan Vixion generasi awal.
Kesimpulan:
Desain keduanya sebenarnya cukup berimbang, 11-12 lah. Tapi pendapat pribadi,
Untuk bagian depan/muka CB150R lebih unggul, sementara buritan Vixion lebih
ciamik.
2.
Finishing
& Detail
Di bagian
ini keduanya mendapat beberapa penilaian negatif, seperti model tutup tanki
CB150R yang masih ‘jadul’, Posisi Nopol Vixion yang menambah kesan aneh bagian
headlamp, Kick starter minimalis pada CB150R juga rumor berkarat pada rangka
CB150R, wah rupanya lebih banyak CB150R ya ‘cacat’ nya. :D
Tapi pada
New Vixion cacat pada nopol yang biasa disebut Fitur Koyo, ditebus dengan
beberapa detail sempurna, seperti ukuran ban yang tergolong besar, juga detail
dashbord yang apik, bisa menyapa pemiliknya lagi.
Untuk urusan
Finishing dan detail, harus diakui Yamaha new Vixion Lebih Unggul
3.
Performance
Ketika
spesifikasi keduanya belum diumbar ke publik, saya sendiri sempat mengira New
Vixion sangat sulit untuk mengimbangi CB150R, mengingat kubikasi yang diusung
keduanya sama persis tetapi CB150R bertipe DOHC. Tapi rupanya Yamaha mampu
menjawap tantangan Honda, setelah spesifikasi keluar, terungkap bahwa power dan
tordi keduanya terpaut tipis saja. Power CB 150R 17PS @10.000 Rpm dengan torsi 13,1 Nm
@8000 Rpm, Sementara New Vixion diklaim memiliki power 16.59PS
@8500Rpm dan torsi 14,5 Nm @7500Rpm.
Tetapi
spesifikasi versi pabrikan tersebut bukan tenaga yang terukur on the wheel,
untuk urusan yang satu ini rupanya tenaga puncak yang dihasilkan oleh New
Vixion sedikit lebih baik dari CB150R. Setidaknya begitulah hasil dyno test
yang dilakukan beberapa bengkel independen dan dipublikasikan ke dunia maya.
Diantaranya data dyno test ultra speed menunjukkan power CB150R On the
Wheel 14.02HP @10210 Rpm sementara New Vixion justru lebih unggul
dengan Power 14.32HP @8224 Rpm.
Untuk urusan
Handling keduanya mendapat penilaian positif, masing-masing memiliki
keunggulan. Sasis deltabox yang terkenal mumpuni melibas tikungan seperti
yang dipakai Honda maupun Yamaha di motoGp tentu tak perlu diragukan lagi. Sementara
CB150R memiliki keistimewaan pada suspensinya yang sudah mengadopsi prolink.Sementara keduanya memiliki keistimewaan pada
suspensinya yang sudah mengadopsi prolink pada CB150R dan Monocross pada New
Vixion.
Untuk
pengetesan di jalan raya rupanya CB150r unggul tipis dari New Vixion, untuk
berakselerasi maupun topspeed yang mampu digapai. Sebagai informasi topspeed
New Vixion yang di test oleh motorplus adalah 132 kmh sementara CB150R mampu
menggapai 135 kmh. tapi patut dicatat kondisi motor dan biker saat melakukan
test ride perlu dipertimbangkan, apalagi New Vixion memakai ban yang lebih
besar dari CB150R, so hasil tersebut sepertinya masih sangat berimbang.
4. Konsumsi
bahan bakar
Dari hasil
pengukuran yang dilakukan bang Taufik TMCBlog, konsumsi bahan bakar New Vixion
50 Km/liter sedang CB150R 50,25 Km/liter. Wah, lagi-lagi sama baiknya. :D
5. Harga
Harga yang
dibanderol AHM untuk CB150R sebesar Rp22.350.000,sementara
New Vixion 50 ribu lebih mahal, Rp.22.400.000.
6. X Factor
Berbicara
faktor X tentu akan sangat subjektif sekali. Tapi setidaknya kedua produk ini
memiliki setidaknya satu faktor pemikat utama. Bagi CB150R tentu embel-embel
turunan CBR150 Jadi daya pikat utama, sedang untuk New Vixion, nama besar dan reputasi
Vixion tentu membuat tiap orang tidak meragukan produk Yamaha yang satu ini.
Selain
keenam faktor tersebut tentu masih banyak variabel lain yang turut menentukan
kesuksesan keduanya, seperti kemudahan modifikasi, resale value, sampai pilihan
warna dan striping, nanti kalau ada waktu lain kali disambung lagi
1 komentar:
Sports Toto, the official betting partner of the NHL
The New York Rangers and 토토 사이트 홍보 the Colorado Avalanche announced today that they are partnering with the Minnesota Wild and the Colorado Avalanche for the 2021-22 season.
Posting Komentar